Bissmillah…

Anjuran Memelihara Janggut

Sudah tidak asing lagi rasanya bagi kaum muslimin mengenai Sunnah memanjangkan Jenggot bagi kaum laki-laki, namun begitu masih tidak sedikit pula yang belum mengetahui mengenai anjuran Sunnah ini, bahkan mirisnya masih saja ada yang memperdebatkan seolah-olah seseorang yang mencoba untuk mengamalkan Sunnah ini adalah golongan dan pemahaman tertentu, padahal Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

انْهَكُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى
Potonglah kumis dan peliharalah jenggot.” (HR. Bukhori & Muslim)
Hadits lain dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Pendekkanlah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot dan selisilah Majusi.” (HR. Muslim no. 626)
Dari Ibnu Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Selisilah orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis.” (HR. Bukhari no. 5892)

 

Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam menyerukan anjuran tersebut untuk seluruh Ummat muslim tanpa membeda-bedakan golongan. Dan tidaklah sabda Nabi tersebut untuk memecah belah ummat melainkan mendatangkan kebaikan bagi yang memeliharanya.

Manfaat Memelihara Janggut

Diantara manfaat dari Memelihara janggut:

1 Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Banyak Dokter yang meneliti mengenai jenggot, salah satunya Seorang Ahli intoleransi makanan, Dr Gill Hart dari YorkTest. Ia mengatakan, bahwa jenggot dan kumis bisa menyaring debu dan serbuk sari yang masuk melalui hidung ke paru-paru.Kemudian Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Australia of Southern Queensland mengungkapkan manfaat dari jenggot pada pria. Hasil yang dipublikasikan dalam “Journal of Radiation Protection Dosimetri”  menyatakan, janggut dapat mencegah kanker kulit karena jenggot dapat melindungi kulit dari sinar matahari antara 90 sampai 95 persen.

2. Memperlambat Penuaan

Jelas bahwa sengatan sinar matahari dapat menyebabkan dapat mempercepat keriput.  Seorang Dokter kulit Dr Adam Friedmann ia memaparkan bahwa sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dan kerusakan kulit, sangat masuk akal jika wajah Anda yang ditutupi oleh jenggot yang lebat dapat memperlambat penuaan.

3. Terlihat Lebih Jantan

Tentu Janggut akan menjadi nilai lebih bagi laki-laki. Dengan Janggut yang Rapi dan terawat menjadikan laki-lakki lebih terlihat Jantan & Macho, bukan berarti yang tidak berjanggut tidak Jantan, hanya saja bagi yang memelihara akan terlihat lebih.

Masih Banyak lagi Manfaat-manfaat dari memelihara Janggut. Namun begitu saat ini  banyak beredar di kalangan awam bahwa, seseorang yang berjanggut mencerminkan golongan yang Radikal. Hal ini seolah-olah menyudutkan Ajaran Islam, dan Lebih menyakitkan lagi yang mengutarakan Statment seperti itu juga seorang Muslim. Na’udzubillah 

Disaat dunia semakin berkembang & mengembangkan teknologi, kebanyakan dari kita justru masih berkutat dalam pemikiran yang keliru, perdebatan dan tuding-menuding. Padahal sesama kita, sesama beragama Islam.

Allah ta’ala telah berfirman,

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Ali ‘Imron: 31)

Tanpa sadar ketika kita tidak menyukai apa yang Rosulullah sampaikan dan contohkan, kita memungkirinya, Menentangnya, bahkan juga menentang Allah ta’ala, karna dalam Firman Allah diatas jelas memerintakah agar kita mengikuti apa yang disampaikan oleh Rosulullah, jika tidak mengikuti Rosulullah, Lalu siapa yang akan kita jadikan panutan ?

Semoga kita tidak termasuk orang yang mengingkari Rosulullah. & Semoga Allah senantiasa menambah Hidayah tiap insan yang mengimani-Nya. Ammiin.

Semoga Bermanfaat.